Halaman

Senin, 19 Desember 2011

Tips Kesehatan


Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Pancaroba
Cuaca ekstrim seperti hujan dan panas yang datang secara tiba-tiba memang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti mencret, influenza, ispa, demam berdarah, malaria dan penyakit lainnya.

Pada musim cuaca ekstrim kuman lebih mudah berkembang biak. Kuman-kuman tersebut tersebar di semua tempat, sehingga mudah menyerang siapa saja yang akhirnya dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Tubuh yang capek atau lelah lebih mudah diserang oleh berbagai kuman dan bakteri dan virus. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh yang lemah tidak bisa menangkal masuknya kuman, bakteri dam virus tersebut.

Sebenarnya tubuh punya mekanisme untuk menyesuaikan dengan pengaruh perubahan cuaca, namun karena iklim yang berubah secara tiba-tiba, tubuh jadi terlambat untuk menyesuaikan diri.

Untuk itu jagalah daya tahan tubuh dengan mengkosumsi makanan seimbang, yakni cukup karbohidrat, lemak, protein dan vitaminnya. Dan pola makannya diatur serta rajin olahraga.

Pada saat musim hujan memang malas untuk keluar rumah untuk mencari makanan. Untuk itu simpanlah. makanan yang bisa dimakan kapan saja seperti roti.

Usahakan tidak mengkosumsi makanan yang mengandung bahan pengawet dan minuman yang mengandung soda. Sebab makanan dan minuman itu tidak baik untuk tubuh.

Cuaca yang panas juga dapat menimbulkan penyakit seperti ispa, kulit dan lainnya. Udara yang kering menimbulkan debu dan kuman yang berkembangbiak lewat udara.

Untuk itu dianjurkan memakai masker saat bepergian menggunakan sepeda motor. Dan juga menggunakan baju penutup kulit seperti jaket saat berada dibawah terik matahari.

Jika sudah terserang penyakit ringan seperti influenza dan ispa, cara paling ampuh dilakukan adalah dengan kosumsi paracetamol.

Cara lainnya adalah dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Khasiat air putih memang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Namun air putih yang dikosumsi sebaiknya benar-benar hygienis dan dalam keadaan hangat.

Selain itu perbanyak makan-makanan yang mengandung vitamin, terutama vitamin C seperti buah-buahan. Dan jika penyakit semakin parah segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat  untuk tindakan lebih lanjut.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar